Kamis, 26 September 2013

Tes IC3

jadi skrg aku mau cerita tentang pengalaman aku ikut tes IC3 sekaligus tips dan trik ala aku gitu hahaha
awalnya bingung. apa sih IC3 itu? ga sempet nyari info juga. denger2 dari pengalaman temen2 yg uda tes sih itu semacam tes komputer yg menguji kemampuan kita dalam menggunakan komputer.
wadeeeww,, kalo tes suntik menyuntik mungkin aku bisa. lha ini? xixixi terakhir belajar komputer ya waktu SMA..
jadi IC3 adalah sertifikasi untuk pengetahuan dan kemampuan menggunakan komputer dan internet dengan strandar sesuai dengan kebutuhan industri di seluruh dunia dan menggunakan penilaian yang akurat dan efektif sehingga dapat digunakan di dunia kerja (sumber dari web ITC)
yang diteskan meliputi:

IC3 – Computing Fundamentals
•         Computer Hardware
•         Computer Software
•         Using in Operating System

IC3 – Key Applications
•         Common Program Functions
•         Word processing Functions
•         Spreadsheet Functions

IC3 – Living Online
•         Networks and the Internet
•         Electronic Mail
•         Using the Internet
•         The Impact of Computing and the Internet on Society

setelah 2 minggu sebelumnya daftar di INBIS UB akhirnya tibalah hari test ic3..
tesku terjadwal hari Senin 15 Juli 2013 pukul 07.30
jam 07.00 aku uda duduk manis di ruang tunggu hehe,
awalnya kita dipanggil buat ngeliat username dan password.. setelah itu kita masuk ruang tes..
di tiap meja sudah disediakan masing2 peserta satu laptop untuk mengerjakan soal.
sesi pertama Computing fundamental,, isi soalnya tentang dasar2 komputer, program di dalamnya dll. aku lumayan bisa ngerjain soal dan dinyatakan lulus untuk sesi ini dengan nilai 689
sesi kedua Living online, soalnya tentang internet2 gitu. hhmm lumayan bisa sih dan alhamdulillah lulus dgn nilai 660
dan sesi ketiga adalah key applications.. nah ini nih,, soalnya praktek langsung, jadi misalnya ada soal: tolong save file ini dalam folder bla bla bla.. trus kita gerakkan mouse, kita klik klik langkah save (seperti ngesave biasa d komputer) nah kalo kita salah ngeklik satu langkah aja kita uda disuruh lanjut ke soal berikutnya. dengan penuh perjuangan akhirnya aku cm dapet nilai 600 dan dinyatakan tidak lulus xixixi...


untungnya di jurusanku tes IC3 cuma syarat buat ikut wisuda, jd ga harus lulus, lumayan juga kalo harus remidi per modulnya 200.000 rupiah, uuwooowww

setelah sekitar 4 jam mengikuti tes berikut tips yg bisa aku kasih:
1. sarapan. supaya lebih konsen, (waktu aku tes pas bulan puasa hihi tp tetep konsen karena sudah sahur sebelumnya)
2. pake jaket. karena AC di inbis uadeem.. hahahhaa. lumayan duduk doang 4 jam lebih(tes mulai jam 07.30 sampai 12.00)
3. sering2 gerakin badan ke kanan ke kiri (molet kalo bahasa jawa. hehe soalnya pegel kalo duduk lama berjam2)

daaaan hanya itu yg bisa aku share.. karena aku sendiri jg ga paham2 amat ttg komputer. xixi

gud luck ;)

xoxo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar