Kamis, 26 September 2013

Long Distance Relationship

Long Distance Relationship

beberapa menit yg lalu Tyas tiba-tiba bbm aku isinya gini:
"Salut sama km Mir, LDRan sekian lama"
hhmmm.. ceritanya panjang,

kalo dipikir-pikir aku ini LDR lebih lama daripada pacaran sekotanya..
dulu aku sempet nanya ke masyang, mas, LDR itu apa sih? dengan gaya cuek andalannya masyang jawab: "LDR itu Light Dependent Resistor, itu jenis resistor yang nilainya bla bla bla..." zzzz... kemudian aku ketiduran. hahaha dasaar..
LDR yang bahasa gawl nya Long distance Relationship atau pacaran jarak jauh, mulai aku jalani kurang lebih dua tahun yg lalu..

jadi selama pacaran waktu kuliah, (kira2 satu tahun) kita berdua masih dlm satu kota. satu kampus. cuma beda jurusan. ya beda jurusan. beda banget. dari ujung rambut sampe ujung kaki bedaaaa. (lha kok malah bahas jurusan, kan mau bahas LDR) hehe oke tapi ada nyambungnya.. aku yg jurusan keperawatan, masyang jurusan elektro. ketemuan nya tiap pulang kuliah. tiap habis ashar masyang rutin main ke kosku. jujur dulu sempet kepikiran, duuhh kok rajin bener ni orang main ke kos. aku kan mau bobo siang. setelah LDR baru tau rasanya "kehilangan" diapeli di sore hari, hahaha

LDR berawal ketika masyang diterima kerja. doi beda 2 tahun di atasku, jd lulus duluan. selama pacaran sekota(selama kuliah) aku belom pernah dikenalin ke keluarganya. sempet sediih,, akunya yg lebaaayy,., hahaha. ternyata masyang punya alesan yang baru aku tahu setelah diterima kerja itu.. doi punya prinsip ngenalin cewek ke keluarganya kalo uda bisa cari duit sendiri. Subhanallah, aku terharu. :")

tibalah hari aku dipertemukan dgn keluarganya, Alhamdulillah semua baik2. dan hari pertama kenal keluarganya itu sekakigus hari pertama masyang pergi merantau ke luar kota, aku dan keluarganya nganterin sampe terminal. pesen masyang cuma "tolong jaga keluargaku yaa selama aku ga di Malang"  hiiikss.. sedih ga sih T_T dan mulai hari itu aku semakin dekat dengan keluarganya.

waktu demi waktu berlalu.. LDR awal-awal begitu beraattt... tp aku tetep yakin, ini semua akan terlewati.. bayangkan, aku sibuk kuliah, masyang sibuk kerja. baru pulang jam 4an. sampe kos dia jam 6. habis magrib capek, malem kadang langsung tepar dan tidur cepet. sedangkan aku waktu itu lagi jamannya skripsi. kerja rodi sampe malem. butuh temen. tapi doi uda tidur duluan, hiks hiks.. ngetik sampe malem ditemenin boneka :3
               waktu itu masyang kerja di Jawa Tengah, Jepara. perjalanan ke malang kurang lebih 9 jam. doi libur sabtu minggu. masyang usahakan pulang tiap 2 minggu sekali buat ketemu. pulang kerja jumat, jam 4 langsung ke malang. kadang nyetir, kadang ngebis. sampe malang sabtu subuh. balik lagi ke jepara minggu sore. sampe sana senin pagi. langsung masuk kerja, begitu berat perjuangan buat ketemu..
                sedangkan aku di sini, lagi sibuk penelitian di UGD jaga sampe hari minggu. sabtu temen2 milih jaga sore. aku ambil yg pagi aja biar sorenya bisa ketemuan sekalian malem mingguan. hehe...
lebih berat lagi saat aku masuk profesi, karena jadwal sudah paten.. beruntung kalo aku dapet jadwal sabtu pagi, kalo aku dapet jadwal sabtu sore, pagi ga bisa ketemuan krna masyang masih capek, malem jg ga bisa karena aku jaga sore smpe jam 9 malem. akhirnya ketemunya minggu pagi..

tapi waktu pertemuan bagi kita entah itu hanya 1 jam sangat sangat berarti..

betapa cengengnya aku, betapa grumpy nya aku.. menjalani LDR di awal2 tahun.. aku posesif, ngambekan, cemburuan.. dll.. apalagi kalo pas PMS..
aku yakin masyang bisa menjaga hati di sana, aku percaya dia menjaga hubungan ini sangat berhati-hati, tapi lagi-lagi namanya juga cewek. gak afdol kalo ga galau LDR. hehe
ternyata, tidak semudah yang aku bayangkan, tidak seperti yang tyas bilang lewat bbm ke aku td.. mungkin mereka yang melihatnya salut pada kami. bisa bertahan sampai sejauh itu tanpa terlihat adanya konflik. sering kok ada ngambek2an, sering kok khawatir berlebihan, tapi itu semua bisa dirangkum jadi kenangan yg bikin cekikikan kalo kita ingat-ingat lagi.. kapan? yaa saat-saat ini, ketika LDR itu berlangsung lebih dari 2 tahun..
di saat sekarang kami mulai terbiasa,, dulu aku ga dihubungi mikirnya macem2, ngambek, sekarang kalo ga dihubungi mikir oh mungkin dia lagi sibuk.. apalagi aku mulai memasuki dunia kerja juga semakin mengerti bagaimana rasanya harus tetap profesional terhadap pekerjaan sembari tak lupa memperhatikan pasangan. ciee gitu istilahku. ahahaha

hingga kemarin, 20 Juli 2013, lagi -lagi aku dan keluarga masyang nganterin masyang berangkat merantau, tapi kali ini bukan ke terminal, kali ini ke Bandara. Alhamdulillah karena masyang diterima kerja di tempat yang baru
itu berarti:

jarak kita akan semakin jauh,,
kesempatan bertemu akan semakin jarang,,

ya, 6 bulan masyang harus ikuti training di tempat yang baru. dengan peraturan salah satunya tidak boleh menikah dulu hingga training selesai, hal ini juga merubah rencana keluarga kami.. tidak apa-apa.. kami undur dulu demi sebuah mimpi yg patut untuk diperjuangkan :)
tidak hanya mimpi itu yang patut diperjuangkan, tapi juga hubungan ini. aku sering denger istilah "LDR patut diperjuangkan kalo ada tujuan yang jelas"
Bismillah, tujuan kami sudah jelas, semoga seluruh raga ini mampu berjuang, segenap elemen di sekitar kami juga mendukung perjuangan ini. aamiin

mungkin bagi tips buat temen-temen yang sedang LDR maupun akan LDR, ini poin-poin yang selama ini aku terapkan:
1. Harus ada upaya dari masing-masing. upaya masyang untuk ketemuan 2 minggu sekali, upayaku untuk menghilangkan lelah di sela jaga RS, demi apa? demi sebuah pertemuan. meskipun isinya cm duduk ngobrol sambil makan es krim, tp itu bisa jadi semangat yg luar biasa :)
2. Komitmen. dari awal LDR bukan hanya sekedar pacaran, masyang mengikatku dengan keluarganya yg welcome ke aku. aku di sini berusaha ada untuk keluarga masyang. meski kurasa belum maksimal krna aku sibuk dgn kerjaan
3. Ga main-main. dunia sehari-hari kita bertemu dengan banyak orang. apalagi aku, ada banyak godaan juga. jangan sekali-kali tergoda meski itu hanya alasan main-main
4. Tahu tujuan. banyak orang bilang udah jalani aja seperti air yg mengalir, ya aku setuju. tapi ga sampe situ aja. kudu diteruskan dengan kata-kata: air yg mengalir itu mau dibawa kemana?? kalo kita punya tujuan yg sama. mata kita tetap menatap tujuan itu, pikiran kita tetap terikat pada tujuan itu.

hingga post ini dibuat, hingga aku menulis kata-kata ini.. aku masih menjalani LDR, dan mungkin akan lebih berat selama 6 bulan ke depan, aku tidak lantas percaya diri bahwa ini akan sukses.. aku tetep berusaha, hasil akhir Allah yang menentukan.. entah sukses atau tidak hingga ke tujuan akhir.. aku tetap akan memperjuangkannya :)

2 komentar:

  1. dulu pas kuliah belum kerja kalo lg keluar, bilangnya keluar sama temen,,,haha

    BalasHapus