Kamis, 26 September 2013

Kisah Cinta Itu Apa?


Kisah cinta itu apa sih?

drama korea?FTV? 

kisah cinta atau cerita tentang cinta sering kita lihat di TV atau film-film.. menurut sebagian orang itu so sweet, manis, dll. tp jujur menurut aku itu biasa, bahkan terkadang kurang masuk akal. oke, tidak perlu di bahas. kita bahas saja kisah cinta yang menurutku luaarr biassaa..

aku bukan pakar cinta, bukan orang yang mengerti tentang cinta secara rinci, tapi ketika melihat kejadian yang membuat hatiku bergetar, itu kusebut cinta. kisah cinta menurutku tidak kulihat lewat film yang berisi gombalan-gombalan. menariknya, kisah cinta yang kulihat sering terjadi di Rumah Sakit.. :)

beberapa kisah akan kuceritakan di sini..

kisah pertama, saat aku praktek di bangsal bedah RS daerah, tiba-tiba ada pasien baru kiriman dari UGD, pasien tersebut berusia 5 tahun, laki-laki. masuk RS karena luka bakar derajat 32%, ya seluruh dada dan perutnya melepuh karena tersiram air panas. pasien pada umumnya ditunggu oleh anggota keluarga (untuk keperluan penebusan resep, memenuhi kebutuhan pasien selama dirawat, dll) pasien ini juga di dampingi keluarga, ya, keluarga. tetapi yang memprihatinkan, satu-satunya keluarga yang mendampinginya adalah seorang kakaknya yg berusia 6 tahun, 1 tahun di atasnya, kelas 1 SD. jadi kakaknya itu yang mengurus segala keperluan adiknya. saat kutanya kemana orang tuanya, adik-adik kecil itu bercerita, bahwa ibunya lari dari rumah karena tidak tahan dengan kemiskinan pada keluarga mereka, ibunya pergi bersama lelaki lain. ayahnya? ayahnya bahkan belum tahu kalau anaknya masuk RS. saat ini entah ayahnya berada di mana, anak tersebut mengaku ayahnya bekerja sebagai supir truk angkutan barang, mungkin sekarang berada di luar pulau, anak sekecil itu sudah mengerti hal-hal yang seharusnya dicerna oleh orang dewasa :(
begitu telaten dia merawat adiknya, apabila cairan infus tinggal sedikit, buru-buru dia memanggil kami untuk mengganti cairan tsb. dia mondar mandir mengurus penebusan obat di apotek, mengambilkan pispot untuk adiknya, adiknya pun tidak rewel, sebagai pasien anak dia berusaha tidak merepotkan kakaknya. dan semua itu mereka lakukan dengan riang gembira, seolah-olah seluruh kegiatan itu adalah permainan.. yah.. permainan untuk anak seusianya, harusnya yang menemani hari-hari mereka.. namun takdir berkata lain.. walaupun demikian,, cinta yang luar biasa, tanpa ada yang mengajarkan sebalumnya.. talah dilakukan oleh kakak beradik tersebut.. 


kisah kedua, lagi-lagi di bangsal bedah, tapi di RS yang berbeda. kali ini di ruangan khusus bedah sepsis, jadi luka-luka yang mengalami infeksi kronis, di dalamnya banyak pasien yang bedrest total. karena beberapa memang sudah dalam keadaan terminal..
di setiap ruangan, kami yang praktek wajib untuk mengadakan penyuluhan kepada pasien atau keluarganya, di ruangan tersebut kami wajib memberi penyuluhan untuk keluarga pasien. menyesuaikan kondisi pasien yang seperti itu, aku dan temen2 ngadain penyuluhan dgn tema Range Of Motion (ROM), jadi ROM itu semacam latihan gerak sendi, salah satu kegunaannya untuk pasien-pasien bedrest yang memiliki keterbatasan gerak, melatih sendi agar tidak kaku karena terbiasa "diam".
nah dimulailah penyuluhan sekaligus "workshop" kecil-kecilan di ruang tunggu keluarga pasien. aku sebagai penyuluh dan satu orang teman sebaga peraga, jadi jenis ROM yang kita ajarkan ke keluarga pasien adalah ROM pasif, seolah-olah aku sebagai keluarga dan temenku tadi (posisi berbaring) sebagai pasien. aku mulai melatih mereka dengan menggerakkan sendi-sendi temanku tadi.. keluarga begitu antusias dan memperhatikan.
ini bukan penyuluhan yang pertama kali aku lakukan. sudah sering penyuluhan di RS dengan tema yang beragam.. dari dulu setelah penyuluhan aku tidak pernah mengevaluasi hasilnya, jadi sebatas aku post test peserta, aku evaluasi seberapa banyak materi yang mereka cerna. hanya sebatas itu. tidak terlalu jauh lagi.

namun kali ini, setelah penyuluhan ROM, aku kembali ke ruangan.. saat istirahat tiba, aku duduk di nurse station. dari tempatku duduk, aku melihat ke arah bed pasien, di situ ada kakek-kakek tua renta(keluarga pasien) sedang menggerakkan sendi kaki istrinya (pasien) sambil berbicara kepada istrinya "iki lho jenenge ROM, mulai saiki sikile karo tangane kudu diobah-obahno, cek gak kaku.. sampean ga usah tangi. ben aku ae, iki mau diwarahi karo mbak2 sustere" artinya: "ini namanya ROM, mulai skrg kaki dan tangan harus digerakkan supaya tidak kaku, kamu ga usah bangun, biar aku aja. ini tadi diajari mbak2 suster"
beliau berkata seperti itu sambil tersenyum penuh cinta pada istrinya..
jleb. dadaku bergetar.. baru kali ini aku menyadari, ternyata apa yang kita sampaikan kepada mereka sangat berarti.. dan yang lebih luar biasa dari itu cinta yang ada pada mereka, tak lekang oleh usia, dalam keadaan apapun.. :")




tetap ceria bermain walaupun sedang sakit
sesi penyuluhan yg kami kira hanya sbg tugas dari ruangan ternyata berdampak besar bagi pasien dan keluarga
kakek kakek setia nungguin istrinya yg dirawat, cinta sejati

salah satu kolega melakukan terapi bermain




sebenarnya masih banyak kisah cinta luar biasa yang bisa di share di sini :") mungkin kapan-kapan aku tulis lagi yaaa :D




Tidak ada komentar:

Posting Komentar